Senin, 13 Juni 2016

Pro dan kontra Penggunaan handphone di dalam kelas



 
Menarik bukan ?
Disini saya akan membahas tema menarik diatas, ya tidak seperti biasanya saya selalu membahas mengenai jurusan dari beberapa universitas yang berads di Inodonesia sebelum saya memulai dengan penjelasan tersebut, saya ingin bertanya kepada pembaca
Apakah anda setuju para siswa atau mahasiswa menggunakan handphone atau gadget dalam kelas ?
Jika anda setuju, berikan alasannya !
Jika anda  tidak setuju, juga berikan alasannya !
Tentu jawabannya pastilah sangat beragam, tergantung bagaimana anda menyikapi hal tersebut. 

Sebelum saya membahas pendapat saya dalam blog ini mengenai  judul tersebut yaitu mengenai pro atau kontra penggunaan telepon genggam, mari kita lihat terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan handphone maupun smartphone menurut salah satu sumber yaitu Wikipedia 

“Telepon genggam (telepon genggam) atau telepon seluler (ponsel) atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel/mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel wireless).” Wikipedia

”Ponsel cerdas (bahasa inggris: smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer” Wikipedia

Dari hal tersebut bahwa handphone maupun ponsel cerdas (smartphone) dapat dibawa kemana saja seperti ke sekolah atau kampus , ke kantor dan lain sebagainya untuk zaman sekarang ini yang telah dipenuhi oleh berbagai macam teknologi canggih keluaran pabrik dari berbagai macam merek menjadikan handphone (telepon genggam) sebagai alat utama yang wajib dimiliki setiap orang di dunia untuk berbagai macam keperluan seperti alat komunikasi, penyimpanan sebuah data hingga sumber pencarian informasi.
Setiap orang pasti mempunyai alat yang satu ini dari laki- laki hingga perempuan, anak- anak hingga dewasa, dari seorang pelajar hingga ibu rumah tangga.
Menurut saya penggunaan handphone dalam kelas ada sisi positif yang mempunyai dampak positif dan ada sisi negatif yang tentu mempunyai dampak negatif
Jika dipandang dari sisi positif, saya mempunyai pendapat sebagai berikut :
·           Handphone dapat membantu pencarian sebuah informasi dalam sebuah proses pembelajaran yang tidak ada di dalam buku maupun sang pengajar yang belum menguasai materi tersebut. Pencarian informasi ataupun pengetahuan melalui sambungan internet
·           Handphone dapat menjadikan siswa lebih berperan aktif lagi dalam menambah ilmu pengetahuannya
·           Handphone dapat membuat siswa atau pelajar dengan mudah menjelajahi pengetahuan dari seluruh dunia dari berbagai jenis bidang seperti filsafat hingga psikologi
Jika dipandang dari sisi negatif saya mempunyai pendapat sebagai berikut :
·         Handphone dapat menjadikan siswa atau pelajar menjadi kurang focus pada saat berada di dalam kelas, sehingga proses penyampaian materi dari sang pengajar kepada murid menjadi terhambat bahkan guru atau dosen sekaligun menjadi
·         Handphone sering disalah gunakan siswa atau murid di dalam kelas, contohnya saja jika seorang guru menyuruh murid tersebut untuk mengerjakan tugas melalui telepon genggam, murid tersebut justru tidak mengerjakan tugas malah asik bermain games, chatting-an dan lain sebagainya.
·         Handphone dapat memuat siswa atau pelajar menjadi acuh tidak acuh atau kurang menghargai terhadap orang yang sedang berdiri di depan kelas maupun lingkungan di sekitarnya.
Tentu positif maupun negatif dalam penggunaan handphone dalam kelas bergantung bagaimana alat itu digunakan sebagai semestinya. Sebagai pengguna alat tersebut, seharusnya kita dapat menggunakan alat itu sebaik- baiknya agar kita tidak terjerat ke dalam lubang hitam yang penuh kesesatan.

6 komentar: